Selasa, 27 Januari 2015


Mengenal Lingkungan Kerja MSWord 2007


MSWord menyertakan banyak fasilitas dan menyediakan tombol-tombol, short, dan menu perintah. Agar dapat menggunakan MSWord, kamu harus memahami fungsi tombol, short, dan perintah-perintah tersebut. Tampilan MSWord 2007 adalah sebagai berikut.
Tampilan MSWord 2007
Tampilan MSWord 2007
Berikut akan dijelaskan mengenai komponenkomponen yang terdapat pada jendela MSWord 2007.

a. Microsoft Office

Perhatikan gambar tombol di bawah ini. Tombol tersebut merupakan Microsoft Office . Tombol ini sangat mudah dikenali dari ukuran maupun bentuknya. Jika Microsoft Office diklik, akan muncul menu pilihan untuk membuat (New), membuka (Open), menyimpan (Save dan Save As), mencetak (Print), mengirim/Send (email dan fax), Publish, dan menutup dokumen (Close).
Tampilan Microsoft Office
Tampilan Microsoft Office
Coba kamu gunakan mouse dan klik Microsoft Office pada komputermu untuk melihat menu yang disediakan.
Menu-menu yang disediakan pada Microsoft Office .
Menu-menu yang
disediakan pada Microsoft Office .

 

b. Quick Access Toolbar

Bentuk tampilan Quick Access Toolbar adalah sebagai berikut.
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar terletak di sebelah kanan Microsoft Office. Pada toolbar ini terdapat beberapa tombol perintah yang sering digunakan. Tombol perintah standarnya adalah tombol Save, Undo, dan Redo.

Tombol panah yang terdapat di sebelah kanannya adalah tombol Customize Quick Access Toolbar. Coba klik tombol panah tersebut untuk melihat menu yang ada di dalamnya.
Menu Customize Quick Acces Toolbar
Menu Customize Quick
Acces Toolbar

c. Title Bar

Title bar terletak di sebelah kanan Quick Access Toolbar. Title bar menampilkan nama dokumen dan informasi lainnya. Biasanya dokumen yang baru dibuat akan diberi nama Document1. Jika kamu membuka dokumen lain atau menyimpan dokumen dengan nama lain maka namanya akan ditampilkan pada Title bar.
Tampilan Title bar
Tampilan Title bar

d. Ribbon

Perhatikan gambar berikut.
Ribbon pada MSWord 2007
Ribbon pada MSWord 2007
Pada MSWord 2007 terdapat tampilan baru, yang dinamakan Ribbon. Perhatikan kembali Gambar diatas. Ribbon adalah tempat berbagai perintah MSWord. Pada Ribbon terdapat 7 buah tab, yaitu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Setiap tab terbagi atas beberapa grup. Setiap grup menyediakan fitur-fitur khusus. Berikut ini daftar grup pada masing-masing tab.

Tabel Grup pada setiap tab Ribbon
Tab Group
Home Clipboard, Fonts, Paragraph, Styles, dan Editing.
Insert Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, dan Symbols.
Page Layout Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
References Table of Contents, Footnote, Citation & Bibliography, Index, dan Table of Authorities.
Mailings Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Results, Finish.
Review Proofing, Comments, Tracking, Changes, Compare, Protect.
View Document Views, Show/Hide, Zoom, Window, Macros.

Kamu dapat menambahkan tombol-tombol yang terdapat di Ribbon ke Quick Access Toolbar. Caranya yaitu arahkan mouse pada tombol, kemudian klik kanan. Setelah muncul menu, klik Add to Quick Access Toolbar, seperti pada tampilan berikut.

Menambah tombol-tombol
pada Ribbon ke Quick Access Toolbar
Latihan:
Lakukan latihan dengan memilih Show Below the Ribbon dari menu Customize Quick Access Toolbar. Amati hasilnya. Setelah Quick Access Toolbar pindah posisi, temukan cara untuk mengembalikannya. Lakukan juga eksperimen untuk menambahkan beberapa tombol ke Quick Access Toolbar. Kemudian, hapus kembali tombol yang telah ditambahkan dari Quick Access Toolbar. Hasil apa yang kamu peroleh dari praktik ini?

e. Ruler

Ruler adalah mistar pembantu yang menunjukkan daerah kerja yang digunakan (berisi informasi Tab Stops, unit ukur yang digunakan, margin (batas daerah kerja), dan pengatur indentation). Bentuk tampilan ruler adalah sebagai berikut.

Tampilan Ruler
Tampilan Ruler
Ruler dapat ditampilkan atau disembunyikan melalui ikon toggle (di atas vertical-scroll-bar) atau melalui menu Show/Hide dari tab View, seperti berikut.

Ikon toggle untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
Ikon toggle untuk menampilkan
atau menyembunyikan Ruler.

f. Text Area

Text Area merupakan area yang digunakan untuk menulis dokumen. Text area dapat dianalogikan sebagai kertas tempat untuk menulis. Apa pun yang diketikkan di dalam text area dapat dicetak dan hasilnya akan sama persis seperti yang diketik.

Jika ukuran text area melebihi layar monitor maka Word akan memunculkan Vertical atau Horizontal Scroll Bar (disebut juga Vertical dan Horizontal Sliding Bar). Dengan menggerakkan Scroll Bar ini, kamu dapat melihat seluruh text area.

Text area pada MSWord.
Text area pada MSWord.
Penggunaan Vertical dan Horizontal Sliding Bar lebih jauh akan dibahas pada Subbab berikutnya.





g. Split Window

Untuk kemudahan dalam bekerja, baik saat mengedit, maupun mengetik daerah kerja dokumen dapat di-split dengan cara klik drag pada pemisah Windows yang terletak di atas Vertical Scroll Bar.

Perubahan kursor pada saat split window.
Perubahan kursor pada saat
split window.
Salah satu contoh bentuk tampilan dari MSWord yang sudah di-split adalah sebagai berikut

Tampilan MSWord yang sudah di-split.
Tampilan MSWord yang
sudah di-split.

h. Status Bar

Status Bar terletak pada bagian paling bawah tampilan di komputer. Berbagai informasi seperti nomor halaman, jumlah kata, nomor kolom, dan informasi lainnya dapat ditampilkan di Status Bar.

Informasi-informasi yang terdapat pada Status Bar.
Informasi-informasi yang
terdapat pada Status Bar.
Kamu dapat menambahkan atau mengurangkan informasi apa saja yang perlu ditampilkan di Status Bar dengan cara klik kanan untuk menampilkan menu. Pop-up menu yang muncul adalah sebagai berikut.

Pop-up menu yang muncul ketika melakukan klik kanan pada Status Bar.
Pop-up menu yang muncul ketika melakukan klik kanan
pada Status Bar.

i. Navigator

Navigator yang terletak di bawah Vertical Scroll Bar berguna untuk memilih, browse, dan mencari objek (halaman, section, gambar, tabel, heading, dan sebagainya).

Kamu dapat memilih apa yang akan kamu cari atau browse dengan cara mengklik tanda bulatan yang terdapat di tengah.

Adapun tanda panah atas dan bawah digunakan untuk mencari objek sebelum dan sesudah objek yang baru saja dicari (previous dan next object).

Navigator dan Browse by Table.
Navigator dan Browse by Table.

Mengenal Elemen Jendela Word

1. Menu Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007.

1. Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
  2. Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.

3. Page Layout
Tab page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

4. References
Tab ini dugunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references
Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.

5. Mailings
Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

6.  Review
Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.

7. View
Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar