Selasa, 27 Januari 2015

Pengenalan Komputer dan Operasional Komputer



A.      Definisi Komputer
Secara sederhana komputer dapat didefinisikan sebagai suatu alat elektronik yang dapat digunakan untuk :
1.    Mengetik, menggambar, membuat grafik, dan lain-lain;
2.    Mengolah data, mengurut, memilah, mengelompokkan;
3.    Menyimpan data (merubah, menambah, menghapus);
4.    Mengoperasikan CD gambar (film) maupun musik;
5.    Berkomunikasi antar komputer satu dengan yang lain (jaringan lokal, jaringan antar gedung, jaringan antar kota/negara), baik dengan teks, suara, maupun gambar (teleconference).

Istilah-istilah yang berkaitan dengan berfungsinya komputer adalah:
1.         Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 3 (tiga) kelompok yaitu:  Memori,  Central  Processing  Unit  (CPU),  dan  Input/Output  (I/O).  Unit-unit ini  terhubung satu dengan yang lainnya. Unit-unit I/O digunakan untuk komunikasi antara representasi informasi internal dari sinyal-sinyal elektris dalam komputer dengan representasi eksternal seperti terminal, printer, dan alat-alat sensor atau kontrol. Program- program tersimpan dalam memori dan dikerjakan oleh CPU. CPU membaca deskripsi, atau representasi tiap  program dari  memori, membaca data  yang  diperlukan untuk  setiap langkah mengeksekusi atau memproses setiap langkah program, kemudian mengembalikan hasilnya ke memori yang sesuai.
Komputer menerima informasi yang dikodekan melalui unit-unit masukan seperti keyboard, mouse, joysticks dan lain-lain. Fungsi memory adalah menyimpan program-program dan data-data yang digunakan pada unit pemroses. Data yang telah diolah oleh unit pemroses akan ditampilkan melalui unit output yang dapat berupa monitor, printer, speaker dan lain- lain. Seluruh kegiatan ini dikoordinasikan oleh unit kendali (Control Unit).

2.    Software (Perangkat Lunak)
Berisi kumpulan kode-kode dalam bahasa pemrograman tertentu untuk menjalankan proses tertentu.


3.    Brainware (Manusia)
Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Satu set komputer umumnya terdiri atas bagian-bagian:
1.    Monitor, berbentuk seperti pesawat televisi
2.    CPU (Central Processing Unit), umumnya berbentuk kotak yang diletakkan secara mendatar (biasa disebut bentuk desktop) atau menjulang (disebut bentuk tower/menara)
3.    Keyboard, berbentuk seperti papan ketik dengan tombol-tombol bertuliskan huruf A - Z, angka 0 – 9, dan fungsi-fungsi khusus.
4.    Mouse, berbentuk seperti tikus dengan kabel panjang yang terhubung ke CPU. Ada tombol yang bisa ditekan (biasanya berjumlah dua) dan di bagian tengah terdapat tombol putar/geser. Bagian bawah mouse terdapat bola yang dapat bergulir ke segala arah (pada model terakhir sudah digunakan lampu LED sebagai pengganti bola)
5.    Sepasang (atau lebih) speaker
6.    Stabilizer/Stavol, berbentuk kotak, biasanya ada jarum penunjuk daya di depannya.
7.    Printer, untuk mencetak dokumen/gambar/file dari komputer ke kertas
Beberapa contoh perangkat lain yang mungkin dihubungkan dengan komputer:
1.    Scanner
2.    Headset/Mikrofon
3.    Telepon selular (via kabel data)
4.    Modem (mode eksternal)
5.    Jaringan lokal (LAN) (membutuhkan kartu ethernet)
6.    Plotter
7.    Tablet/Digitizer


B. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem  operasi  adalah  program  yang  bertindak  sebagai  perantara  antara  user dengan  perangkat  keras  komputer.    Sistem  operasi  digunakan  untuk  mengeksekusi program user dan memudahkan  menyelesaikan  permasalahan  user.   Selain itu dengan adanya sistem operasi membuat sistem komputer nyaman digunakan.   Sistem operasi mempunyai  tujuan untuk menggunakan perangkat keras komputer secara efisien. Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :

1.    Perangkat  Keras,  merupakan  sumber  daya  utama  untuk  proses  komputasi. Perangkat  keras  komputer  terdiri  dari  :  CPU,  memory  dan  perangkat  input output.
2.    Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan control dan koordinasi penggunaan  perangkat  keras  pada  berbagai  program  aplikasi  untuk  user-user yang berbeda.
3.    Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan  permasalahan  komputasi  dari user, contohnya  compiler, sistem basis data, video games, program bisnis dan lain-lain.
4.    User yang menggunakan sistem, terdiri dari orang, mesin atau komputer lain.

   Resource allocator
Sistem  operasi  mengatur  dan  mengalokasikan  sumber  daya   sumber  daya sistem komputer
   Program control
Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi input output.
   Kernel
Sistem  operasi  sering  disebut  kernel,  yaitu  suatu  program  yang  berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).

B.  Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer
Sistem operasi atau Operating System merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi menjembatani antara perangkat keras komputer dengan manusia selaku pengguna maupun dengan software-software yang akan dijalankan pada perangkat komputer   tersebut.   Sebagai   perantara   berarti   sistem   operasi   mempunya   tugas mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari keseluruhan sistem komputer. Sistem operasi yang akan mengatur semua operasi dari perangkat keras komputer, dengan demikian pemakai komputer tidak perlu harus berhubungan dan mengerti betul bagaimana perangkat keras bekerja.
Sistem operasi  secara formal pertama kali dikembangkan untuk komputer IBM 701 pada tahun 1984 dan pada tahun 1985 oleh General Motors Research Laboratories. Pada waktu itu, tujuan utama dari sistem operasi adalah untuk mengurangi waktu menganggur
(idle time) dari CPU dan dapat dimanfaatkan untuk menjalankan beberapa tugas (job) komputer bersama-sama. Dua sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan sampai saat ini adalah DOS (Disk Operating System) dan Windows, yang keduanya adalah produk perusahaan software Microsoft. Kedua sistem operasi di atas diperuntukkan bagi personal computer.  Dan sampai saat ini Windows telah mengalami perkembangan yang luar biasa dengan dirilisnya varian-varian baru yang berbasiskan Windows.
Selain terdapat beberapa merk lain untuk personal computer, juga terdapat banyak jenis sistem operasi yang khusus diperuntukkan bagi komputer-komputer yang tergabung dalam sebuah jaringan komputer. Sistem operasi jenis ini yang banyak digunakan antara lain adalah Microsoft Windows for Workgroup, Microsoft Windows NT, Novell Netware, UNIX, LINUX, dan lain sebagainya.
Perbedaan yang mendasar antara DOS dan Windows adalah terletak pada aplikasi yang  mendukungnya.   DOS   hanya  mendukung   aplikasi  yang  berbasis   teks  sedangkan Windows dapat  mendukung  aplikasi  yang berbasis  grafik dengan  Graphical  User Interface (GUI)-nya.






Dengan kata lain, OS dapat disebut sebagai kumpulan dari software (perintah atau program) pengendali hardware, antara lain disk drive, hardisk, CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW, monitor, keyboard, mouse, scanner, atau printer.





Dalam perkembangannya, sejarah OS dapat dibagi menjadi 4 bagian

a.       Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Hal itu disebabkan para pencipta sistem komputer menyadari hahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas.

b.      Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

c.       Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. Para pemakai dapat berkomunisasi secara interaktif lewat terminal secara on-line ke komputer.

d.      Generasi Keempat (Pasca 1980-an)
Pada masa ini, para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface (GUI), yaitu antarmuka komputer berbasis grafis yang sangat nyaman. Pada masa ini, juga dimulai era komputasi tersebar, yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik, tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar