Bisa juga dengan menggunakan langkah berikut:
1.
Buatlah dokumen terlebih dahulu
(bisa berupa surat, blangko formulir, atau dokumen yang lain)
2.
Klik ribbon Mailings kemudian
klik Start Mail Merge, pilih Step by Step Mail Merge Wizard
3.
Akan muncul panel Mail Merge
disebelah kanan jendela Word anda.
4.
Pada Select document type pilih Letters
kemudian klik Next pada bagian bawah untuk melanjutkan.
5.
Pilih Use the current document
kemudian klik Next
6.
Pada pilihan select recipients, jika
anda belum membuat daftarnya pilih saja Type a new list kemudian klik Create.
7.
Akan muncul jendela New Address
list. Untuk memudahkan pekerjaan kita nantinya sebaiknya kolom yang ada
dihapus kemudian dibuat kolom isian yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan.
a.
Klik Customize columns
b.
Pilih filed name kemudian klik
tombol delete, sampai semua nama kolom terhapus.
c.
Untuk membuat field name baru klik Add
kemudian beri nama sesuai dengan kebutuhan (seperti Nama, Alamat, dsb)
d.
Tambahkan beberapa filed sesuai
dengan kebutuhan anda.
e.
Jika dirasa sudah cukup klik OK
f.
Muncul jendela New address list.
Masukkan data-data yang dibutuhkan sampai selesai, kemudian klik OK
g.
Untuk menghapus entry klik pada
entry yang mau dihapus kemudian klik delete. Untuk menambah entry baru
klik pada new entry.
h.
Simpan pada folder dimana tempat
dokumen tersimpan kemudian klik Save
i.
muncul daftar list yang sudah siap
untuk dimasukkan. Untuk memasukkan semua beri tanda centang pada kotak yang
ada, atau bisa anda pilih sendiri sesuai kebutuhan daftar yang ada dengan
menghilangkan tanda centang pada list tersebut
j.
Klik Next : Write your letter untuk
melajutkan
k.
Sampai disini kita akan memasukkan
daftar field yang telah kita buat tadi untuk dimasukkan pada dokumen. Arahkan
kursor pada tempat filed diletakkan.
a.
Pada pilihan write your letter,
pilih More item
11. Pada jendela yang muncul pilih
nama filed sesuai dengan dokumen kemudian klik insert
b.
Ulangi langkah diatas sampai data
diisi dengan field yang sesuai. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah
ini.
c.
kemudian klik Next untuk melihat hasil
merge data. Klik tanda panah kekanan atau kekiri pada preview your letters
untuk melihat hasil.
p.
Jika ada yang masih salah datanya
bisa diubah datanya pada edit recipient list. Jika sudah cukup klik Next untuk
complete the merger.
q.
Terdapat dua pada pilihan complete
merger yaitu Print dan Edit individual letters. Jika anda pilih merger print,
maka data merger akan langsung dicetak melalui printer. Jika dipilih Edit
individual letters maka data akan ditampilkan pada beberapa halaman langsung di
Ms Word. Silahkan pilih sesuai kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar