Selasa, 27 Januari 2015

Pemanfaatan Google Docs untuk kegiatan penulisan.


A. Pengertian Google Doc

Google docs adalah salah satu fasilitas google.co.id yang sengaja disediakan untuk menyimpan dokumen-dokumen yang Anda miliki. Artinya, Anda bisa memanfaat google.docs sebagai tempat penyimpan data cadangan Anda. Andaikata laptop atau komputer Anda terkena virus, Anda tak perlu kebingungan jika sudah menyimpan data-data Anda di google.docs. File yang Anda simpan masih ada dan tak akan hilang sedikitpun.
Bagaimana Cara Mendapatkan Layanan Google Docs…?
Untuk mendapatkan layanan google docs anda cukup memiliki akun google mail dan kemdian login kedalam google docs di alamat ini http://docs.google.com/ Setelah login anda bisa langsung membuat atau membuka dokumen yang telah anda buat. Jika yang ingin anda buka adalah dokumen yang ada pada komputer anda maka anda perlu mengunggahnya terlebih dahulu kemudian baru bisa di edit.
Bagaimana Cara membuat dokumen…?
Untuk membuat sebuah dokumen anda perlu menentukan jenis dokumen yang anda inginkan. Ada lima pilihan yang bisa anda gunakan yaitu Document, SpreadSheet, Presentation, Form, Dan Drawing. Misalkan anda memilih jenis dokumen spreadsheet maka jendela baru akan muncul dan anda bisa langsung membuat dokumen anda disana.



Untukmembuat dokumen anda tinggal menekan pilihan dokumen-nya, bisa berupaformat Ms. Word, Excel maupun Power Point. atau bisa langsung tekan ikon tambah (+)






maka akan muncul jendela google doc
anda tinggal menulis disana


B. Apa Fungsi dan Kegunaan Google Docs?



 Oke yang jelas Fungsi utama Dari Google Docs Adalah Untuk menyimpan File dokumen Contohnya saja File Office file Pdf Dan File Format Dokument Lainnya.



  Untuk Contoh Hasil Contact Us itu sendiri Anda Bisa Lihat di Contack Us Blog Facewoman.lainnya adalah google docs ini bersifat gratis sehingga anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

C. Keunggulan Membuat Contact Us dengan Google Docs Yang facewoman rasakan adalah tampilan Contact Us Dengan Google Doct sangatlah bagus dan  begitu apik dengan Pilihan Tema yang banyak.Membuat Contact Us dengan Google Docs juga tidak memberatkan Loading Blog,Jadi jika saya bandingkan Membuat Contact Us dengan pihak Ketiga lainnya yang menyediakan layanan Contact Us Di blog,Google Docs Memanglah sangat unggul dalam proses loading Blog dan tetap menjadi pilihan saya.


D. Cara Menggunakan Google Docs untuk membuat/menyimpan dokumen
Google Docs bisa dijadikan sebagai tempat alternatif untuk menyimpan dokumen-dokumen anda, seperti word, pdf, dll. Kelebihannya adalah, gratis dengan space 1024 MB alias 1 GB, lalu sangat mudah untuk saling berbagi/sharing dengan teman lain. Kelebihan lainnya lagi adalah, sobat tak perlu membuat akun lagi, karena untuk mengakses produk google yang satu ini...caranya yaitu:


1. Silahkan login ke akun Google sobat (bisa Blogger, gmail, youtube, dll) atau langsung akses ke halaman Google docs https://docs.google.com
2. Selanjutnya sobat sudah bisa memulai meng-upload file. Dalam contoh kali ini saya akan menggunakan file PDF. Untuk memulai upload, silahkan untuk mengklik gambar yang telah saya tandai dengan lingkaran hijau (disamping tombol "create") dan diikuti dengan mengklik => Files...

3. Selanjutnya akan muncul kotak dialog "File Upload" Seperti berikut
Di langkah ini sobat diminta untuk memilih file yang hendak di-upload.

4. Setelah sobat memilih, maka akan muncul dialog proses upload

Dan...


5.Jika sudah selesai, maka sobat bisa mengklik dokumen tersebut...


MAKA SEKARANG SAATNYA MENG-EMBED DOKUMEN KE BLOG ANDA

6. Setelah mengklik, maka akan muncul halaman yang berisi dokumen tersebut, fokuslah ke bagian menu kiri halaman tersebut. Pilih File => Embed This PDF File...

7. Selanjutnya, copy lah code yang muncul setelah anda mengklik "Embed This PDF File..." dan letakkan ke blog/postingan blog anda


8. Klik publikasikan/publish.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar