Selasa, 27 Januari 2015

Pengenalan Ms. Word (Pembuatan tabel)



A.      Cara pertama.
Cara pertama inilah cara yang paling mudah dan sederhana, namun jumlah baris dan kolom tabel di batasi hanya sampai 10 kolom dan 8 baris. Jadi cara ini tidak berlaku jika ingin membuat baris dan kolom yang banyak. Caranya klik menu Insert, kemudian klik tombol Table, nanti akan muncul kotak-kotak di bawahnya. Silahkan tentukan banyak kotak yang kamu inginkan, dengan cara menggeser ke  kotak tersebut, setelah digeser tinggal klik saja. Tabel pun akan tampil pada lembar kerja.
 
1. Buka Ms. Word terlebih dahulu Klik Start – All Program – Microsoft Office 2007
2. Pilih menu insert, dan pilih table
3. Aturlah tabel yang anda akan buat, jika ingin membuat tabel banyak pilih insert table
4. Maka hasilnya seperti ini
 


B. Cara Kedua 
 Cara kedua ini berlaku jika ingin membuat tabel juga jumlah baris dan kolom yang banyak. Caranya hampri sama dengan langkah pertama, namun kotak-kotak tabelnya tidak perlu diklik, diganti dengan klik tombol Insert Table..
menyisipkan tabel cara kedua
Nanti akan muncul jendela insert table seperti gambar di bawah ini.  Number of columns untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan number of row untuk menentukan jumlah baris.
menentukan jumlah baris dan kolom

C. Cara Mengecilkan dan Membesarkan Lebar Kolom Tabel
 Untuk mengecilkan dan membesarkan lebar kolom pada table sangat mudah, yaitu dengan mengarahkan mouse pinter pada garis vertikal yang akan digeser, saat mouse pinter berubah menjadi tadi panah kanan kiri (<-> ) klik dan tahan mouse, kemudian geser ke arah kanan atau ke kiri sesuai dengan yang dibutuhkan
melebarkan dan mengecilkan kolom

Itulah sedikit penjelasan sederhana mengenai cara membuat tabel pada microsoft word 2007 dan cara mengeditnya, semoga mudah dipahami dan dapat berguna bagi kamu yang membutuhkan
Jika menginginkan pengaturan kolom dengan lebar yang sama, caranya adalah blok kolom/baris yang akan dilebarkan. Kemudian klik menu Layout lalu pilih Autofit, selanjutnya ubahlah ukuran Distribute Columns (terletak di atas submenu Autofit) untuk lebar kolom dan Distribute Rows untuk tinggi baris. Perhatikan gambar berikut ini.
Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris
Gambar 5.64. Kotak dialog Autofit untuk pengaturan kolom atau baris
D. Menyisipkan kolom dan baris
       Jika menginginkan tambahan kolom atau baris karena jumlah kolom atau barisnya kurang pada saat pembuatan tabel, maka Anda dapat mengawali dengan pengeblokan sel atau cukup meletakkan kursor pada sel yang akan disisipkan. Cara untuk menyisipkan kolom atau baris adalah letakkan kursor pada kolom atau baris yang akan disisipkan, kemudian klik kanan pada kolom atau baris yang disorot tersebut. Jika Anda ingin menambahkan satu buah baris di bawah baris terakhir, maka cukup letakkan kursor di belakang cell terakhir tabel.
 Kemudian tekan enter, maka Anda akan mendapatkan 1 buah baris kosong.
Gambar 5.65. Langkah untuk menyisipkan kolom atau baris
E. Menghapus kolom dan baris

         Anda dapat menghilangkan kolom atau baris yang tidak diperlukan, dengan cara blok baris atau kolom yang akan dihapus, kemudian klik kanan pada baris atau kolom yang akan dihapus. Klik Delete untuk menghapus kolom atau baris yang dipilih.
Gambar 5.66. Perintah Delete Columns untuk menghapus kolom

     

F. Menggabungkan Sel Word 2007

        Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel dapat membantu pada saat membuat judul tabel dan dapat membagi kolom dan baris tabel sehingga membentuk sel yang diharapkan. Perintah untuk menggabungkan sel adalah Merge Cells, caranya adalah blok sel yang akan digabung kemudian Klik kanan dan pilih Merge Cells. Seperti pada gambar 5.66 Cara lain untuk menggabungkan beberapa sel adalah dengan memblok sel yang akan digabung. Kemudian, klik tab Layout dan pilih submenu Merger lalu pilih Merge Cells.
Merge Cells.
Perhatikan tabel berikut yang merupakan hasil merge sel
hasil merge sel.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar