Selasa, 27 Januari 2015

Pengenalan Ms. Word (Penomoran Halaman)

Dalam membuat nomor halaman di dokumen Microsoft Word yang sedang kita buat memang dapat dilakukan dengan mudah, akan tetapi juga langkah-langkahnya tidak sederhana yang dipikirkan. Terutama ketika ingin membuat makalah, yang umumnya terdiri dari beberapa elemen seperti bab, sub bab, hingga kebawahnya yang tentu akan perlu diberikan penomoran pada tiap-tiap halaman.
Memang akan sangat merumitkan jika ingin membuat dokumen atau makalah dengan struktur seperti itu, untuk itu ada cara agar bisa menjadi lebih sederhana, yaitu dengan membuat metode beberapa file yang terpisah untuk setiap BAB-nya, sehingga kita nantinya dapat dengan mudah dan lebih sederhana dalam mengatur nomor halaman.

A.       Cara membuat nomor halaman dokumen di Microsoft Word

Untuk penjelasan tentang cara membuat nomor halaman dokumen dengan menggunakan program Microsoft Word versi 2007. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

1.        Langkah Pertama

Langkah pertama adalah di haaman pertama dokumen, pilih pada menu utama “Insert”, lalu pilih “Page Number” = > “Top of Page” => “Plain number 3”. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.

2.        Langkah kedua

Setelah itu, Kamu akan melihat munculnya nomor halaman yang ada di bagian kanan atas. Pada halaman yang terdapat judul Bab umumnya akan disisipkan nomor halaman pada bagian tengah bawah. Untuk itu kita perlu membuatnya, sebelumnya kita sudah memformat nomor halaman pada bagian kanan atas.

3.        Langkah ketiga

Pada tab menu Insert, pilih Header, lalu pilih “Edit header” setelah itu muncul tab menu Design. Kemudian tanda centang pada opsi “Different First Page”, itu berguna agar nomor halaman satu akan hilang. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.

4.       Langkah ke empat

Pindahkan ke halaman dua pada dokumen. Di bagian kanan atas akan terlihat nomor halaman 2. Demikian juga dengan halaman setelahnya. Kita kemudian akan membuat nomor halaman satu agar terletak di bagian tengah bawah. Untuk melakukannya maka dengan memilih menu Insert, lalu pilih “Page Number” = > “Bottom of Page” => “Plain number 2”.  Dengan begitu nomor halaman satu akan terletak di bagian tengah bawah. Adapun pada halaman selanjutnya nomor halaman tidak terletak di bagian tengah bawah.

5.       Langkah ke lima

Jika Kamu ingin membuat bab kedua, dan demikian seterusnya, maka hal sebelumnya yang harus dilakukan memecah dokumen menjadi halaman baru berikutnya (section). Untuk mengetahui indikator halaman tempat Kamu berada, maka Kamu dapat melihatnya pada bagian kiri bawah program Microsoft Word. Contohnya yaitu “Page: 1 of 2”.

6.       Langkah ke enam

Membuat section 2 berguna menomori halaman yang berbeda di bagian tengah bawah. Kamu sebelumnya simpan kursor pada halaman terakhir dari Bab Satu (cara ini dilakukan jika Kamu ingin membuat penomoran pada 2 bab atau lebih. Kemudian Pilih pada tab menu “Page Layout”, lalu pilih => Breaks => Next Page. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.

7.       Langkah ke Tujuh

Setelah melakukan seperti yang ada pada langkah 6, maka format nomor halaman akan persis sama seperti pengaturan yang pertama. Setelah itu ubah / atur nomor halaman agar berurutan. Seperti contoh pada nomor di halaman terakhir dari Bab Satu yaitu 11. Maka halaman awal Bab Dua dibuat pengaturan dimulai dari nomor 12.
Cara melakukan seperti contoh diatas adalah letakan kursor pada halaman awal dari Bab Dua. Pilih pada tab menu “Insert” => Page Number => Format Page Number, kemudian di bagian “Page numbering”, buat “Start at …” dengan angka 12. Terakhir Klik OK.
Dengan begitu halaman awal Bab Dua adalah bernomor 12. Sebagai tambahan informasi, cara diatas apabila Kamu ingin membuat makalah atau semacamnya dengan menggunakan banyak BAB, setiap file dokumen terdiri dari satu BAB, Kemudian untuk membuat Bab ketiga, keempat dan selanjutnya maka caranya seperti yang ada pada Bab Dua. Agar mahir dalam membuat penomoran di dokumen Microsoft Word memang dibutuhkan kesabaran untuk latihan.

1.        PAGE NUMBER
Langkah-langkah pemberian page number di MS word adalah
·           Pilih insert Menu Bar
·           Kemudianpilih page number
Nah, nanti akan keluar pilihan :
a.         Top of page
b.        Bottom of page
c.         Page margins
d.        Current position
e.         Format page numbers
f.          Remove page number
Disini kita bisa memilih salah satu pilihan yang tersedia oke plend...........
Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat gambar di bawah ini:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar